Langsung ke konten utama

Memilih Gitar Yang Tepat Untuk Belajar Gitar

Memilih gitar pertama untuk belajar gitar tentu agak membingungkan. Apalagi jika kita belum yakin benar ingin belajar musik yang seperti apa. Jadi, inilah yang pertama sebaiknya dilakukan. Pastikan musik apa yang ingin anda pelajari? Apakah klasik, musik folk, pop, rock. Lalu apa yang ingin anda capai? sekedar bermain iringan/ritem, bisa memainkan melodi, atau bermain solo.

Setelah anda tetapkan, misal anda memilih musik klasik, maka anda membeli gitar klasik, gitar klasik akustik, cirinya gitar yang menggunakan senar nylon. "tapi saya kan belum bisa main gitar mas, taunya bagus apa engga gimana?"

Ok, bawa orang yang bisa main gitar, bisa teman, keluarga, atau pengajar gitar anda atau anak anda. Atau tanya kan gitar yang mereka rekomdasikan.

Namun, masalahnya bukan disitu. Saya punya murid, dia belajar gitar akustik dengan saya, les privat gitar akustik tentu nya menggunakan gitar akustik dengan senar steel. Sewaktu pertama les gitar dengan saya si anak sudah punya gitar, awalnya gitar tidak ada masalah, setelah setahun penggunaan, gitar mulai tidak nyaman, saya bawakan ke bengkel gitar untuk men-setting ulang agar dibuat senyaman mungkin.

Nah, tidak semua gitar dipasaran bisa di setting, maksud saya bisa di setting adalah di setting necknya, karena biasanya hal ini paling sering terjadi di beberapa gitar "murah". Pastikan ada trussrod nya, cek neck, dipangkalnya ada besi silider yang menandakan neck gitar tersebut bisa di set, ada beberapa gitar set neck bisa dari head stocknya, ada yang melalui sound holenya.

Namun ada masalah lain, "mas, saya mau beli gitar klasik, saya cek, kok gak ada trussrodnya", well, hampir semua produksi gitar klasik yang di jual di toko tidak dipersanjatai dengan trussrod, tidak seperti gitar akustik, ini juga jadi perhatian saya, dengan harga yang sama kenapa gitar klasik gak ada trussrodnya tapi di gitar akustik ada.

Mengakalinya, dengan memasangkan trussrod gitar sendiri, bawalah ke bengkel gitar yang benar-benar mampu, seperti di zianturi, mereka memberikan garansi.

"mas, saya masih gak tau, gitar yang nyaman itu gimana?", pastinya sebuah gitar itu bisa di tune, atau di setem, banyak gitar yang dijual dengan skala neck yang kurang tepat, jika dimainkan di fret-fret awal/rendah tidak ada masalah, lalu masalah mulai timbul jika sudah memainkan nada-nada tinggi di fret-fret yang lebih tinggi, suara jadi out oftune, padahal gitarnya sudah di setting, neck gak bengkok, atau bodi juga baik-baik saja.

Untuk hal ini memang agak susah bila anda baru belajar gitar, bisa dianggap gitar sudah bisa di setem baik. Maka yang membuat gitar itu nyaman adalah actionnya. Action adalah jarak senar terhadap fret, bisa dilihat pada fret 1, fret 4 dan fret 12. jika terasa tinggi dimungkinkan akan mudah lelah dimainkan, action gitar juga bisa di setting, biasanya bawaan toko actionnya termasuk tinggi.

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan pada saat memilih gitar untuk belajar gitar?
1. beli gitar di range harga 700rb samapi 1,5 juta
2. cek trussrod
3. cek nada
4. cek actionnya
5. jika punya dana lebih, diatas 4juta, buatlah gitar custom, dengan body all wood, bukan triplek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d