Langsung ke konten utama

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini.

Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada.

Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini.

Apoyando disebut juga rest stroke. Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/rest).

Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya.

Teknik ini banyak di gunakan pada single note, atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu.

Lain hal dengan teknik tirando, dimana ketika jari memetik senar (contoh senar 1) maka setelah memetik jari tidak menyentuh senar di atasnya (senar 2). Teknik tirando disebut juga teknik free stroke.

Teknik tirando digunakan untuk memainkan harmoni dan arpeggio. Teknik tirando yang lebih dominan di permainan solo gitar klasik. Sedangkan teknik apoyando lebih dominan pada permainan melodi .

Namun kombinasi teknik ini dalam permainan Gitar klasik menjadi esensial dikarenakan permainan solo gitar klasik yang menggabungkan bass, iringan dan melodi dalam satu kesatuan lagu yang utuh dimana pendengar bisa merasakan melodi dan iringan yang berdampingan atau dengan kata lain melodi sebuah lagu jelas terdengar dan tidak tertutupi oleh iringannya.

Maka dari itu kedua teknik ini yang menjadi makanan pokok saya dalam latihan gitar klasik dan juga saya terapkan ke murid-murid saya yang sedang belajar gitar terutama gitar klasik dimana produksi tone dari kedua teknik yang juga harus di cermati.

Komentar

  1. makasih om, ijin copy sebagian ya untuk pembelajaran . . .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d