Langsung ke konten utama

Apa itu Musik Minor?

Akhir-akhir ini cuaca sangat panas seperti berada dalam gurun pasir. Biasanya sepanas ini akan turun hujan. Namun sudah berhari-hari tidak hujan. Di udara yang sepertinya saya jadi merasa sangat gerah terkadang dongkol sendiri, walaupun sebenarnya itu tidak perlu. Seperti perasaan bahagia dan sedih, hal yang berlawanan namun bisa jadi sebuah pilihan.

Kadang kita juga tidak bisa menghindari perasaan dongkol, sedih, marah ini. Tapi tidak semua orang sedang marah-marah atau bersedih sekarang ini. Tentu saja kita akan memilih keceriaan. Kebahagian, itulah yang kita cari, bukan kesedihan. Namun apa daya, jika ada kebahagiaan pastinya akan ada kesedihan.

Maka jika ada mayor diciptakan lah minor. Mereka seperti perlambang atau juga perwakilan dari kebahagian dan kesedihan. Musik itu sendiri yang bisa merupakan gambaran batin dari sang komposernya. Melalui jalan kehidupan yang dilalui komposernya, dia tuangkan dalam bentuk sebuah lagu. Namun bisa juga musik itu terbentuk dari sebuah sudut pandang komposer dalam menilai suatu hal.

Saya teringat kembali acara-acara musik di televisi yang disiarkan biasaya dipagi hari. Banyak sekali band-band lokal yang membawakan lagu-lagu dengan tema cinta. Opini saya, musik mereka jadi terasa hambar, mungkin dikarenakan hampir semua band menyanyi dengan tema yang hampir sama. Hingga sebuah band Indie, efek rumah kaca menelorkan single “cinta melulu”, hal yang sangat relevan yang terjadi di Indonesia. “nada-nada yang minor, ....tema perselingkuhan”. Ini merupakan selentingan kepada band-band bahkan untuk sang produser. Apakah ini musik minor?

Banyak juga band indie yang membawakan tema cinta. Cinta itu dimiliki siapa pun, dan universal. Itu sah. Namun pilihan para musisi dalam membawakannya. Rasa bisa saja sama, namun kadang kesan itulah yang membawa pendengar kearah mana.

Dari segi ilmu musik itu sendiri kita kenal ada akord mayor dan minor. Saya teringat waktu sedang belajar gitar tepatnya belajar tangga nada mayor dan minor yang merupakan asal muasal sebagai terbentuknya akord itu sendiri. Dari akord itu sendiri sudah terbentuk sebuah kesan yang berbeda. Mayor mewakili perasaan senang, sedangkan minor mewakili perasaan sedih. Mungkin untuk kita yang baru mengenal musik hal ini kurang terasa.

Suatu sore, seperti biasa saya mengajar. Hari itu saya mengajarkan progresi akord kepada murid saya yangbelajar gitar grade 1, biasanya saya menciptakan etude sendiri. Hari itu saya memberikan progresi yang diawali dengan akord minor dan diikuti beberapa akord minor lainnya. Lalu murid saya bilang, “kok nadanya anehnya, kok jadi berasa sedih”. Seorang yang baru belajar gitar saja bisa merasakan “kesan” yang berbeda.

Inilah kesan, yang bisa menandakan arah dari lagu, itu lagu minor.

Dan kesempatan lain, saya mengajar murid saya yang lain. Materi saat itu adalah Tangga nada minor. Kita sebelumnya sudah melewati part tangga nada mayor tentunya. “kok aneh ya rasanya” sergah murid saya.
“kenapa?”
“Ada yang salah yaa?”
“tidak, terasa sedih ya?”
“iya”
Ini dia kesan yang dihasilkan.

Namun banyak juga lagu yang diawali dengan nuansa sedih dan pada bagian chorus lagu membuatnya kedalam progresi mayor sehingga terbentuk kesan senang kembali. Melody dilagu juga berpengaruh, begitu juga solo-solo gitar bisa membuat kesan kearah yang berbeda. Contoh sebuah lagu dengan progresi mayor dan diisi dengan lick-lick minor akan membawa kesan yang sedikit berbeda, kombinasi ritme juga sangat berpengaruh.

Kesan itulah yang membawa kita kearah senang atau sedih, mayor atau minor. “mas, mainkan yang mayor-mayor saja” celetuk teman saya. Waktu itu saya sedang memainkan gitar klasik saya. Yang dimaksudkan teman saya ini tentu saja tidak sekedar memainkan akord mayor saja. Yang dimaksudkan adalah mainkan lagu dengan *kesan* bahagia, bukan sebaliknya.

Komentar

  1. btul bget mas...mayor dan minor memang berbeda...tpi kenyataannya org lbih suka nada minor...nada mayor kurang laku...lagu sedih pasti bnyak di sukai org

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d