Langsung ke konten utama

Bagaimana Mencintai Pekerjaan Anda sebagai Musisi?

Musisi? ya, di Indonesia sendiri mungkin banyak yang beranggapan pekerjaan sebagai musisi "bukan" sebuah profesi. Banyak juga yang memilih bekerja sebagai pekerjaan kantoran.

Tidak salah memang jika orang memilih bekerja sebagai karyawan. Namun maksud saya disini adalah tidak sedikit pula para karyawan, atau pebisnis yang suka bermusik, atau kebalikannya seorang musisi yang berbisnis (seperti saya :-P).

Di jaman sekarang orang bilang hidup makin berat makin banyak persaingan dan kadang ada yang menilai suatu pekerjaan dari gengsinya. Seberapa besar gengsi anda dipertaruhkan? berapa pendapatan yang anda raih dari profesi anda dan bla bla bla...masih banyak pertanyaan lain. Well, mungkin tidak seekstrim itu.

Saya pernah membaca artikel disuatu majalah yang membahas tentang musik, majalah ini ditujukan untuk para pengajar musik pada khususnya. Disalah satu artikelnya ditulis oleh seorang wanita yang mengaku dirinya sebagai Musisi (pianis) dan penulis. Disini saya kagum karena melihat wanita itu sebagai seorang yang bangga akan apa yang dilakukan.

Biasanya, mungkin juga saya salah, orang memperkenalkan diri didahuluinya dengan pekerjaan yang dianggap "umum", sebagai karyawan atau pengusaha, walaupun orang tersebut juga bisa memainkan alat musik.

Lalu bagaimana seseorang menjadi tidak percaya diri menyebut dirinya sendiri, tidak layaknya seperti arsitek atau akuntan. Dan bagaimana seorang akuntan atau arsitek tadi bisa dengan percaya diri dan bangga akan statusnya?

Sederhana, karena mereka menguasai ilmunya mereka jadi percaya diri. Begitu juga dengan musisi, diawali dengan belajar gitar dengan yang lebih ahli dari tidak bisa, hingga mahir. Setelah masa belajar gitar dasar hingga lanjut kelar (walaupun tidak ada kata berhenti untuk belajar), musisi tadi akan merasa lebih percaya diri ditambah lagi jika ia menghasilkan banyak karya yang berani ia perdengarkan ke masyarakat.

Saya jadi teringat sewaktu saya pertama kali belajar gitar, di sebuah kursusan di jogja. Pada waktu itu saya hanya sekedar belajar gitar, belum terpikir untuk kearah yang lebis serius. Makin lama saya mencoba untuk mendalami musik, dengan beralih ke gitar elektrik dan kemudian kembali ke klasik dan akustik. Dan menetapkan bahwa saya akan tetap dijalur musik sebagai musisi dan di fokuskan sebagai pengajar. Dari waktu yang saya lalui saya tanpa ragu menyebut diri saya musisi dan pengajar karena dari pengalaman dan ilmu yang saya dapat. Namun tidak berhenti disitu, saya mencoba menjadi seorang yang profesional, disini saya harus berkomitmen lebih dan terus belajar.

Ada saatnya juga bagi musisi muda untuk menunjukkan hasil belajar dengan mengikuti berbagai konser, yang dari lingkup home concert atau pun yang lebih besar. Sedangkan untuk grup dengan memperbanyak jam manggung mulai dari acara-acara sekolah, kampus, hingga lintas kota.

Proses inilah yang harus dinikmati, rasakan tiap hal-hal baik dari proses belajar gitar hingga bisa ke arah panggung bahkan rekording. Karena seorang musisi yang selalu belajar ibarat proses alam. bukan lah masalah hasil akhir saja yang dicari, mencapaiannya dari hati untuk ke hati.

Tidak semua orang mau menjadi musisi atau terpanggil menjadi musisi. Beruntunglah kita yang berkomitmen menjadi musisi tersebut , selain membahagiakan hati kita sendiri, juga untuk orang lain, tanpa mengenal ras dan status sosial tertentu.

Jadi, profesi sebagai musisi, kenapa tidak?
Saya adalah musisi, anda mau bergabung?

Cheers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d