Langsung ke konten utama

Teori dan Praktek Bermain Gitar, Mana Yang Lebih Penting?

Pada dasarnya dua hal ini tidak bisa dipisahkan terutama bagi saya sebagai pengajar. Namun banyak juga di antara kita yang mumulai belajar gitar tanpa mengambil kursus gitar, terutama di era internet dan youtube mereka memilih untuk belajar sendiri (baca: otodidak).

Umumnya orang-orang yang belajar gitar otodidak hanya meniru dari seseorang tanpa ada interaksi dua arah, termasuk saya sendiri hanya meniru apa yang ayah saya ajarkan mengenai akord-akord dasar pada saat itu saya masih di bangku SD.


Kalau kita lihat dari segi keilmuan, pada dasarnya semua bidang keilmuan ada landasan teori. Mahasiswa yang sedang skripsi (penelitian) tentu paham sekali tentang ini. Begitu juga dengan musik, ada namanya teori musik. 

Fungsi teori musik bagi saya adalah dokumentasi keilmuan. Ketika di dokumentasikan (dibukukan) tentu akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Dokumentasi jaman dahulu tentu dengan ditulis, dan tentu saja masih digunakan hingga sekarang.

Memahami teori musik pada dasarnya akan memudahkan buat kita yang belajar gitar bukan saja untuk pemula namun untuk segala level, karena permainan gitar itu sendiri bisa kita pilah berdasar kesulitannya.

Tidak bisa dipungkiri musik adalah ilmu suara yang kesannya jadi terlalu "aneh" jika ada teorinya. Musisi modern dan terkenal banyak juga yang tidak terlalu paham teori musik atau membaca notasi balok, mereka betul-betul mengandalkan suara (baca: ear) atau pendengaran, dan ini salah satu bagian penting dari belajar musik yaitu ear training. 

Namun keberadaan teori musik tentu ibarat peta, seorang pembalap mobil atau motor jika dia menguasai medan tentu akan memudahkan dia untuk melalap sirkuit dan tentu saja sirkuit tersebut dipetakan sehingga dia bisa menguasai sirkuit dengan lebih mudah.

Begitu juga keberadaan teori musik jelas sekali memudahkan kamu yang sedang belajar gitar dengan lebih mudah.

Setuju?


Belajar Gitar Online? Klik disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d