Langsung ke konten utama

Tips Merawat Senar Gitar

Ini adalah hal yang tidak terpisahkan dari seorang gitaris, dimana pada postingan sebelumnya saya menjelaskan tentang pentingnya senar pada postingan 4 Point Penting Bagi Gitaris Pro

Senar adalah salah satu senjatanya gitaris, ibarat sebuah pedang yang ada banyak sekali jenisnya. Seorang pendekar akan memilih pedang yang sesuai dengan gaya bertarungnya.

Sama dengan gitaris, perbedaan senar terkadang membawa perbedaan tone. Tone yang dihasilkan antara merek yang satu dengan lain berbeda.

Semisal saya saat ini menggunakan senar merek ernie ball ukuran 0.11 untuk gitar akustik, biasanya tone terbaik dari senar tersebut (menurut saya) bertahan antar 1-3 hari, dan 3-7 hari tone sudah mulai banyak berkurang dan diatas itu tone sudah mulai ekstrem berkurang. Seandainya saya mengganti senar gitar saya tiap 2 minggu sekali pasti suara gitar saya selalu mendapatkan yang terbaik. Disatu sisi pengeluaran saya akan 2x lebih banyak dan lebih buruknya senar yang saya pakai tadi belum tentu selalu ada di toko musik (toko kehabisan stock).

Jadi cukup bijak jika kita pandai merawat senar selain mempertahankan tone lebih lama sehingga memperpanjang usia senar dan jaga-jaga seandainya kita mengganti senar tiap 1-2 bulan kita masih ada waktu untuk toko supaya me-restock senar yang kita cari. :-)

Jadi saya akan berbagi tips tentang merawat senar berdasar pengalaman saya. Jika kamu ada masukan bisa langsung di comment aja....


Perawatan senar tentu dilakukan tiap hari untuk hasil terbaik. Misal jika kamu punya tangan yang mudah berkeringat maka disarankan selalu membersihkan senar setiap selesai latihan atau belajar gitar dengan cara menggunakan lap/kain bersih dan menggosoknya permukaan atas maupun yang bagian bawah senar.

Cerita sedikit, waktu itu saya sedang sering manggung keluar kota, kebetulan waktu manggung tiap minggu dari kota bandung, semarang, madiun dan Jogja. hal penting yang saya lakukan pada saat itu setiap saya selesai menggunakan gitar saya di back stage atau di hotel langsung saya lap dengan kain bersih. Dan itu berhasil mempertahankan senar gitar saya jauh dari karat dan lumayan mempertahankan tone.

Bisa juga perawatan senar dengan menggunakan zat cair yang banyak dijual di toko musik, bersihkan senar dengan teratur. Namun jangan terlalu sering menggunakannya, karena terkadang zat cair ini mengakibatkan terkikisnya senar sehingga profil senar jadi tidak bulat sepenuhnya. Atau jika kondisi senar sudah sangat berkarat baru digosok dengan zat cair ini, ada beberapa kasus malah mengakibatkan senar putus. Saran saya jika senar sudah terlanjur berkarat segera ganti dengan yang baru.

Tips dan trik lain adalah dengan menggunakan cairan anti karat untuk logam (biasanya digunakan untuk menghilangkan karat pada logam-logam pada motor atau mobil. Semprotkan cairan pada kain lalu gosok pada permukaan atas dan bawah senar tiap 1-2 hari sekali pada akhir pemakaian (malam hari). Dengan cara ini terbukti ampuh menjaga tone (walaupun tetap tidak bisa seperti baru).

Catatan lain, jika senar yang digunakan pada gitar klasik (nylon) saya cukup mengelapnya sesekali tanpa zat cair lain. Bersihkan terutama dibagian bawah senar. Senar nylon (gitar klasik) relatif lebih awet daripada senar untuk gitar akustik dan elektrik yang terbuat dari baja (steel).

Tips dan trik untuk senar salah satu yang terpenting, karena gitaris ingin menghasilkan tone yang terbaik, dan juga senar berpengaruh pada fingering pada permainan gitar. Ok, semoga bermanfaat

Cheers
Harwindho
Les Gitar Offline dan Online

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d