Langsung ke konten utama

Trend dan Resolusi Belajar Gitar di 2021


Banyak yang merasa 2020 merupakan tahun yang buruk, tidak bukan karena adanya wabah virus corona Covid-19 yang melanda dunia. Khusus Indonesia, hingga postingan ini saya tulis, efeknya sungguh terasa terutama dari segi ekonomi.

Pandemi yang sudah lebih dari setahun ini (sejak ditemukan pertama di wuhan) membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan, penurunan pendapatan dan pola hidup yang berubah. Hal ini juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Bagaimana dengan tahun 2021?

Menurut saya pandemi ini membuka wawasan banyak orang (dalam hal pendidikan formal/non formal), yang dalam sistem belajarnya diharuskan dengan sistem online. Begitu juga dengan belajar gitar, trend belajar gitar online masih akan meningkat, setidaknya banyak orang mulai mempertimbangkan les gitar online.

Trend belajar gitar online ini meningkat cukup banyak, termasuk saya sendiri, walapun saya sudah membuka belajar gitar online ini sejak 2011, namun trendnya makin meningkat sejak 2020 dan 2021. Hal ini juga banyak membuka pilihan memilih guru gitar yang sesuai dengan kriteria calon murid. 

Disatu sisi belajar gitar offline (tatap muka langsung) sebenarnya masih ada juga, dan ada kecenderungan meningkat sejalan dengan vaksin COVID yang sudah mulai tersedia. Walaupun vaksin bukanlah obat, dan proses untuk semua lapisan masyarakat mendapatkan vaksin tentu saja bisa dalam hitungan 1-1,5 tahun. namun hal ini tentunya membawa optimis masyarakat bahwa pandemi bisa dilewati.

Trend apa saja yang calon-calon murid? Sejauh ini trendnya tidak mengarah ke spesifik tertentu, masih banyak juga siswa-siswa yang belajar musik klasik, akustik umum, fingerstyle dan Improvisasi melodi. Dimana pilihan gitar akustik /elektrik masih menjadi primadona, selain harga utk gitar akustik /klasik yang dirasa lebih murah dibanding gitar elektrik.

Apa resolusi musik di tahun 2021, menurut pandangan saya, pandemi yg belum tau kapan berakhir (walaupun sudah ada vaksin). Musisi-musisi masih akan menggunakan virtual konser sebagai promo atau penggalanagan dana.

Live Streaming menjadi menarik, karena para musisi tidak harus berada di Cafe, dan ini disatu sisi jadi memudahkan musisi-musisi untuk tampil bermusik. Termasuk saya sendiri memanfaatkan momentum ini untuk menempa skill saya untuk tampil dalam sebuah konser.

Begitu juga dengan ujian musik. Ujian secara remote menjadi pilihan, seperti apa yang ditawarkan untuk lembaga-lembaga sebesar ABRSM, Trinity yang mengadakan ujian musik secara Remote tanpa mengganti ujian face to face. Ini juga memudahkan, atau setidaknya menjadi pilihan untuk siswa-siswa yang berada di daerah yang terkendala lokasi ujian yang bertempat hanya di kota-kota besar. 

Bagi saya sendiri resolusi saya di tahun 2021 adalah, mengikuti ujian ARSM (Diploma ABRSM), yang sudah saya lalui di bulan Januari kemarin dan berhasil. Lalu membuat program-program ujian remote untuk kursusan yang saya dirikan sendiri. Tampil secara reguler (live streaming) di channel youtube saya. Membangun kembali bisnis online saya tentang kesehatan (Jaman seperti ini, kita harus pandai menjaga ketahanan tubuh)

Lalu bagaimana dengan kamu? Apa resolusi kamu di tahun 2021. Yang pastinya ini membuat kita lebih fokus dalam mengejar target kita, membuat rencana-rencana, sehingga kita akan lebih siap menghadapi tantangan-tantangan yang datang di kemudian hari.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana saya ber-live streaming? bisa cek DISINI
Kursus musik yang saya bangun sejak 2012, bisa cek DISINI
Bisnis Online Sederhana yang sedang saya garap, cek DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d