Langsung ke konten utama

Kursus Gitar Secara Online?

Anda mungkin pernah bertanya, Apakah efektif belajar gitar secara online? Ataukah sama saja.

Seperti yang anda tahu, diluar sana banyak sekali kursus musik, baik itu yang dalam naungan lembaga atau independen. Nama-nama seperti Kursus musik yamaha, Purwacaraka music studio, elfa's, Ahmad dhani school of rock.

Ibarat warung makan, kita tinggal memilih mau makan yang mana. Kita kadang memilih ingin makan di warung yang mana, ada beberapa faktor yang kita pertimbangkan, dari banyak dan jenisnya menu, harga, dan rasa. Sebagian orang ingin mencari makanan dengan harga murah/terjangkau. Disisi lain ada yang mementingkan rasa berapapun harganya, dan adapula yang memilih gado-gado alias tidak terpaku pada keduanya, yang penting bisa makan makanan kesukaannya apalagi jika harganya pas dikocek.

Begitu juga dengan kursusan musik, Setiap lembaga maupun kursusan yang bergerak secara independen seperti saya :-) memiliki pandangan dan visi yang berbeda-beda. Sehingga penyampaian dan metode juga akan berbeda-beda. Ilmu yang disampaikan bisa saja sama namun karena disampaikan dengan cara yang berbeda maka hasilnya bisa berbeda.

Hal ini bisa diambil kesimpulan, jika seorang murid berhasil dalam artian dia bisa bermain baik dan bisa berkembang dikemudian hari setelah dia berguru dengan seorang pengajar musik, berkembang musikalitasnya tanpa didampingi sang pengajar, bisa dipastikan pengajarnya memberikan dasar-dasar yang kuat dan baik kepada sang murid.

Murid yang berhasil didapat dari pengajar yang baik. Lalu bagaimana apabila seseorang ingin belajar gitar online?

Anda yang super sibuk atau tak ada waktu pasti untuk ingin memulai belajar gitar bisa jadi belajar gitar secara online merupakan solusi. Terutama dikota besar, dimana waktu berjalan sangat cepat dan waktu luang terasa sangat sempit. Kadang dipagi hari anda ada waktu luang dan esok atau minggu depan tidak. Namun ada sangat bersemangat untuk belajar gitar. Belajar gitar secara online jelas solusi buat anda.

Anda mungkin pernah mencari di google kursus gitar, belajar gitar online, dan menemukan banyak sekali, bahkan tidak sedikit juga anda mendapati belajar gitar secara online dan gratis. Jaman sekarang siapa yang gak ingin gratisan :-). Seperti pepatah orang amerika bilang “Tidak ada makan siang gratis”. Karena itu gratisan hanya seperti sebuah pelengkap. Jika anda sudah termasuk mahir pada suatu hal, dan ingin mencari info tambahan maka ini bisa jadi bermanfaat. Namun jika anda buta akan suatu ilmu dalam konteks ini dalam hal belajar gitar, bisa jadi hal ini menyulitkan atau lebih buruknya mengarahkan pembelajaran ke arah yang kurang tepat.

Disinilah gunanya pengajar gitar. Pengajar gitar yang baik bisa memperbaiki kesalahan dan mengarahkan ke arah yang lebih baik, dimana dasar-dasar ilmunya benar-benar dikuasai.

Sewaktu anda sudah berniat untuk belajar gitar dan memilih belajar gitar online maka anda harus punya komitmen. Anda mengeluarkan uang untuk sebuah kursus, ingin belajar gitar, maka anda harus serius dalam menjalaninya.

Jadi sangatlah memungkinkan dijaman sekarang ini untuk kita yang ingin belajar gitar secara online. Yang perlu diperhatikan adalah kursus gitar online mana yang terbaik buat anda.

Berbeda orang, beda kepribadian, beda kebiasaan, Di internet banyak sekali sebenarnya kursus gitar online. Tapi yang manakh yang terbaik? Sebagai seorang pengajar gitar dan seseorang yang pernah belajar gitar tentunya, ada beberapa metode yang bisa dipakai kepada para murid yang sedang belajar gitar.

Seseorang dapat mudah belajar dengan, membaca, melihat, mendengar, bahkan menulis. Pada lingkup musik, dengan membaca teori melalui buku dan catatan lalu disertai dengan praktek. Dengan cara melihat sang pengajar dan menirunya, dengan cara mendengarkan suara yang dimainkan dan menirunya, dengan melihat dan mencatatnya sendiri. Atau tidak sedikit yang mampu kesemuanya.

Cara belajar inilah yang disesuaikan dengan cara belajar anda. Sedangkan kursus gitar online yang saya rekomendasikan sejauh ini saya menemukan dua.

Yang pertama Jamorama, anda bisa mengunjungi situsnya disini
Apa yang didapat dari jamorama? selain buku panduan (text book), Latihan teknik, kekuatan dan kelincahan tangan, ratusan video pembelajaran, latihan ritem dan ketukan, cara membaca partitur (not balok), belum ditambah dengan bonus-bonus seperti software guna melatih listening (pendengaran), metronome dan gitar tuner (alat pen-setem gitar). Dan kesemuanya itu didapat hanya dengan membayar kurang dari $50
Kunjungi langsung situsnya disini

Yang kedua Guitar superstar, Anda bisa mengunjungi situsnya disini
Apa yang didapat dari guitar superstar? Latihan penguasaan nada disemua posisi gitar, Latihan berbagai jenis musik (tidak hanya rock), menyediakan pengajar yang disesuaikan dengan jenis musik yang kita pilih (akustik & klasik, blues, rock, jazz bahkan metal, cara membaca partitur (not balok), Latihan lebih banyak dengan menggunakan video dari para pengajar, latihan teknik (trick) tangga nada hingga jenis-jenis akord, latihan strumming (genjreng) dan finger picking dan bonus yang didapat adalah sebuah software yang berguna untuk jamming session, melatih solo, ketukan yang tentunya bermanfaat. Kursus ini bisa didapat dengan harga lebih murah kurang lebih $3 dari jamorama.
Kunjungi situsnya langsung disini

Saya pikir kursus gitar online sekarang sangatlah murah, jika saya bandingkan dengan kursus gitar privat secara offline, sebagai pembanding, untuk grade dasar biasanya ditempuh paling cepat dalam 16x pertemuan, yang dimana satu kali pertemuan membayar Rp. 50.000-Rp. 75.000. Beda cerita jika pengajarnya dari seorang dosen yang sudah sangat berpengalaman bisa kena cas per pertemuan Rp. 200.000-400.000.

Anda tinggal menyesuaikan karakter pembelajaran anda dengan kursus online yang tersedia. 
Jika ingin kursus gitar online di jamorama kunjungi situsnya disini
Dan jika ingin kursus gitar online di guitar superstar bisa kunjungi situsnya disini

Berhubung banyaknya dari para pembaca blogger saya untuk minta diajari belajar gitar, akhirnya saya membuka kursus/les gitar online buat kamu-kamu yang agak kesulitan dengan rekomendasi yang saya berikan. Kursus/Les gitar online ini saya sendiri yang mengajar dan membuat materinya, untuk lebih jelas nya kunjungi page nya disini

Tapi jika anda masih lebih enjoy kursus gitar secara offline dan berada di kota jogja, saya masih membuka kelas, baik privat kerumah, atau kestudio. :-)


Regards

Harwindho S
Praktisi dan Pengajar Gitar
Akustik, Elekrik, Klasik ABRSM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d