Langsung ke konten utama

Resolusi Belajar Gitar di 2023

 


Apa resolusi belajar gitarmu di tahun 2023?

Setiap pergantian tahun setidaknya buat kamu yang fokus menggeluti dunia pergitaran pastinya kamu ingin tiap tahun bisa improve/meningkat permainan gitarnya. Mempunyai target-target belajar gitar baru sehingga permainanmu gak gitu-gitu aja.

Setelah dua tahun pandemi Covid-19 cara orang belajar juga mulai sedikit banyak perubahan. Setelah lebih sering dirumah dan melakukan aktivitas belajar dan bekerja melalui media internet ini membuat orang akan tahu bahwa saat ini adalah eranya internet. 

Belajar sudah tidak hanya dengan cara-cara oldschool. Media internet yang begitu luas, sehingga informasi yang tersedia begitu banyak kadang malah membuat orang menjadi sedikit bingung untuk melangkah dan mengambil keputusan. Tapi yang pasti orang mulai melek bahwa belajar bisa melalui online.

Terutama buat kamu yang belajar gitar, dengan media internet yang seperti sekarang ini kamu bisa menemukan banyak sekali "genre" musik baru. Maksudnya genre musik baru yang memang baru kamu dengar, tidak berarti itu genre yang baru.

Begitu juga dengan cara belajar kita yang sudah tidak asing lagi dengan cara belajar online. Tidak hanya belajar, begitu juga dengan bekerja, semuanya akan terkoneksi dengan internet sebagai media untuk memudahkan apa yang sedang kita kerjakan.

Balik ke dunia pergitaran, banyaknya jenis musik-musik tadi membuat gitaris-gitaris akan semakin banyak unjuk gigi, baik secara online (musik kamar) atau perform di media social seperti youtube,Instagram, tik-tok bukan menjadi hal asing.

Bermain gitar secara umum bisa jadi masih menjadi favorit. Umum yang seperti apa? Bermain iringan dan petikan dengan lagu-lagu yang sedang populer atau lagu-lagu everlasting mungkin akan masih menjadi pilihan banyak orang.

Begitu banyaknya keinganan orang-orang yang belajar bermain gitar dengan tatap muka langsung dengan guru juga akan mulai marak kembali. Ini dikarenakan mungkin saat ini belajar online sedikit banyak kurang nyaman dikarenakan sangat berpengaruh pada device yang digunakan. Dan kecepatan internet yang belum tau apakah di tahun 2023 jaringan 5G sudah mulai tersebar di Indonesia.

Belajar gitar fingersyle juga tidak akan ketinggalan, gitaran dengan style seperti ini akan makin menjamur, ini juga karena saya mulai banyak menerima murid-murid yang menginginkan belajar gitar fingerstyle di akhir tahun 2022.

Untuk gitaris-gitaris yang antusias tentang cara bermain melodi, berimprovisasi, aransemen dan menciptakan karya juga tidak akan kalah tertinggal, dengan mudahnya orang untuk merekam hasil karyanya dan mendaftarkan lagu-lagu mereka ke media music streaming menjadi alasan untuk menjadi musisi yang lebih orisinil.

Salah satu langkah yang tepat untuk kesana selain teknik cara merekam lagu sendirim tentu juga dengan mengasah ilmu bermain melodi improvisasi. aransemen dan menggubah karya.

Bagaimana dengan musik klasik, para gitaris klasik masih akan selalu melanjutkan perjuangannya untuk memberikan edukasi bahwa bermain gitar klasik itu tidak kalah serunya dengan genre lain. Ini akan terlihat dengan mulainya banyak home concert yang akan diadakan kursus-kursus musik dengan tidak hanya membawakan musik-musik berjenis kontemporer namun juga era-era sebelum itu seperti barok, klasik dan romantik.

Dimana saya akan berada? walaupun saya sebagai pengajar gitar bukan berarti saya tidak belajar gitar, beberapa target saya di tahun lalu memang sudah tercapai, namun walaupun banyak yang bilang akan menjadi tahun yang gelap. Segelap atau seterang apapun saya sebagai gitaris akan tetap berupaya untuk selalu bermain, semoga bisa dalam bentuk konser dan merekam karya-karya orisinal.

Tidak hanya ujian gitar yang menjadi tolak ukur belajar gitar, bermain dalam konser dan membuat karya juga tentu bagian dari bagaimana mengembangkan skill bermain gitar.

Bagaimana dengan kamu? apa target belajar gitarmu di tahun 2023? Bermain dalam konser juga? atau ikut ujian gitar internasional, ikut dalam sebauh kompetisi? atau bisa memainkan lagu-lagu terbaik untuk diri sendiri atau orang-orang tersayang disekitar kamu?

Selalu gas terus dan berlati, nikmati hidupmu seringan kamu memetik senar gitarmu.

Semoga bermanfaat.


Tahun 2023 berat? Tidak untuk yang mau belajar gitar online bersama saya dan ratusan murid saya, cek kelas gitar online saya dari basic, intermedate hingga advance. Klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d