Langsung ke konten utama

Musik Yang Pas Untuk Dipakai Bekerja dan Belajar


Buat kamu yang bekerjanya lebih banyak dengan komputer, baik itu pekerjaan yang berhubungan dengan data atau desain atau mengetik buat laporan atau tugas, sering kali bosan atau kadang terlalu sepi jika tidak ditemani dengan iringan musik.

Musik bisa membantu kita untuk banyak hal. Jadi berbagai jenis musik memiliki fungsi-fungsi tertentu. Jika kamu pengguna streaming music online sering kali mereka bisa membuatkan playlist otomatis yang diambil dari history dari musik yang kita dengarkan dari aplikasi tersebut. 

Jika sebelumnya kamu sudah terbiasa bekerja dengan mendengarkan musik namun berbeda dengan apa yang akan saya utarakan juga tidak mengapa karena preferensi dan latar belakang tiap orang berbeda, namun tidak ada salahnya untuk dicoba dan bandingkan dengan apa yang menjadi kebiasaan sebelumnya. 

Baik, musik yang kita dengarkan secara random atau acak kadang belum tentu sesuai dengan mood kita saat itu. Mood kita tentu disesuaikan sehingga musik yang kita dengar akan lebih bermanfaat. Ada beberapa musik yang enak kita dengar di pagi hari atau malam hari, atau musik-musik yang kita dengar yang dipakai untuk berolahraga.

Tapi kali ini kita bahas tentang musik yang kita pakai untuk bekerja terutama yang pekerjaannya banyak menggunakan laptop.

Pada saat kita bekerja salah satu yang terpenting adalah untuk menjaga fokus, sehingga pekerjaan kita bisa efektif dan produktif. Jadi ada beberapa faktor yang mempengaruhi fokus dari seseorang. Catatan buat kamu yang terbiasa bekerja dengan kondisi harus sunyi atau tidak terbiasa sambil mendengarkan musik mungkin tidak cocok dengan ini.

Yang pertama adalah kita liat jenis pekerjaannya, ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan ide, seperti desainer dan sejenisnya. Bisa jadi tema lagu tertentu bisa memperkaya ide. 

Sebagai seorang gitaris, ketika memainkan sebuah repertoar klasik (instrumental, tanpa lirik). Saya sering kali mencoba menyampaikan sebuah cerita, bisa sebuah scene, gambar atau bahkan warna. Harapan dari saya ketika memainkan gitar tadi adalah timbulnya efek-efek tertentu dalam pikiran pendengarnya.

Ketika dibalik, buat saya pribadi, mendengarkan musik bisa memberikan gambaran akan sesuatu dimana gambaran-gambaran tadi bisa menjadi sebuah ide-ide baru yang segar.

Untuk kerjaan yang membutuhkan fokus yang cukup tinggi, misal dengan banyak perhitungan atau analisis, pilihan musik dengan struktur musik yang sederhana dan tidak berlirik sangat baik sehingga tidak menimbulkan gangguan.

Misal ada sebuah lagu yang yang berlirik, dimana lirik lagu tersebut mengingatkan akan sebuah kejadian tertentu, yang awalnya fokus mendadak jadi teringat kejadian tersebut. Musik yang terlalu komplek menurut saya tidak membuat rileks sehingga nada-nada yang terdengar akan dicerna lebih berat oleh otak sehingga bisa mengurangi fokus.

Jadi baiknya mendengarkan musik yang seperti apa? 

Pilihan saya ada beberapa yang bisa kamu coba, yang pertama adalah musik klasik. Mungkin buat beberapa dari kamu ada yang sedikit iritasi dengan musik klasik,  namun tidak ada salahnya dicoba. Menurut saya musik klasik enak sekali menemani kamu ketika berkerja. 

Kamu bisa dengarkan beberapa prelude dan nocture dari Frederic Chopin. Buat kamu yang suka dengan suara gitar pilihan saya jatuh kepada karya-karya dari Fransico Tarrega, atau yang sejenis dari itu.

Pilihan lain diluar musik klasik adalah ambient music. Ambient music juga bagian dari musik instrumental, dimana umumnya tidak memiliki beat yang pasti, penggunaan instrument yang dominan dari musik ini adalah synthesizer. Sangat berbeda dengan musik pop, ambient music tidak banyak pengulangan ritem beat atau melodi yang pasti.

Walaupun saya mendapati beberapa jenis musik ini juga memiliki struktur dan teksture, namun suarannya banyak mengedepankan suara-suara yang dreamy.

Pilihan lainnya adalah perpaduan suara alam dan instrumen. Misal permaian petikan suara gitar atau piano  dengan backing sound suara alam, suara alam seperti tetesan air hujan dan sejenisnya, atau suara alam di pantai atau dipegunungan, suara burung, gemercik air dan sejenisnya juga.

Yang pasti ketika kamu bekerja sambil mendengarkan musik pastikan level dari volume kamu tidaklah terlalu berlebihan. Selebihnya balik ke preferensi masing-masing. Begitu banyak jenis pekerjaan dan begitu banyak juga jenis musik yang ada tidaklah satu musik cocok kepribadian dan kebutuhan semua orang.

Pada akhirnya yang merasakan adalah diri sendiri, jika kamu dalam bekerja sering kali terhenti (terganggu) karena musik, bisa jadi musik yang kamu dengarkan untuk bekerja kurang cocok atau malah lebih baik bekerja tidak sambil mendengarkan musik.


Semoga bermanfaat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d