Langsung ke konten utama

10 Cara Menghasilkan Uang Full Time Sebagai Musisi (Gitaris)

Kamu hobi bermain gitar? Ingin berpenghasilan full time dari bermusik (skill bermain gitar)? Banyak dari kita yang merasa bahwa akan sulit bagi orang untuk hidup dari musik? apakah benar seperti itu?

Saya pribadi awalnya adalah seorang sarjana teknik, namun sejak tahun 2007 hingga sekarang hidup dari musik. Yang akan saya jabarkan nanti merupakan sebagaian dari pengalaman saya dan beberapa rekan saya yang berhasil hidup cukup bahkan lebih dari cukup hidup dari musik.

Sebelumnya kita harus punya mindset bahwa pekerjaan di bidang musik bisa termasuk dalam pekerjaan freelance. Jadi para musisi yang produktif tentu akan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Seperti yang sudah saya sebut diawal, sebagai musisi khususnya gitaris karena ini adalah pekerjaan freelance maka, untuk mendapatkan pendapatan lebih maka kita harus membuat lebih dari satu sumur pendapatan. Sumur/pendapatan/penghasilan inilah yang akan menentukan posisi apa yang paling cocok dengan kamu yang akan bergelut sebagai musisi/gitaris profresional.

1. Menjadi Recording Artis


Recording artis yang dimaksud tentu dengan membuat karya sendiri, merekamnya dan merilisnya dengan harapan karyanya akan booming, sehingga akan mendapatkan tawaran manggung (gig) dengan bayarannya makin besar, contoh sederhana adalah Pamungkas.

Menjadi recoding artis saat ini mungkin masih menjadi pertimbangan, karena banyak dari kita tertarik bermain gitar karena lagu tertentu atau terinspirasi oleh gitaris tertentu. Di era digital, seorang gitaris bisa dengan mudah untuk merekam lagunya (recording), peralatan recording saat ini sangat murah jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu.

Untuk merilis sebuah album secara independen saat ini juga sudah sangat mudah. Punya karya, artwork album lalu mendaftarkannya ke media social seperti spotify, apple music dan youtube music.

Keunggulan menjadi recording artis yang sukses adalah tawaran manggung dengan fee yang cukup besar. Jika mempunya base fan yang tinggi bisa juga menjual record album fisik seperti CD, kaset, vinyl, hingga merchandise.

2. Menjadi Konten Kreator

Saat ini menjadi konten kreator bisa sangat menjanjikan, bisa ke arah selebgram atau membuat channel youtube. isinya bisa berupa cover-cover lagu, memberikan tips-tips bermain gitar, membahas gitar atau peralatan recording, bahasan tentang efek-efek gitar dan semua hal seputar pergitaran.

Menjadi konten kreator (content creator) tentunya butuh waktu yang tidak sebentar, dan penghasilam tidak selalu datang dalam waktu cepat. Penghasilan bisa datang dari endorse sebuah produk atau iklan dari mesin pencari google. 

Menjadi konten kreator yang bagus pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, paling tidak kamu punya skill tambahan lain, minimal edit video. Untuk pemula bisa menggunakan handphone, dan ketika berkembang bisa di upgrade ke yang lebih profesional.

3. Musisi Reguler di Cafe atau Hotel


Menjadi gitaris yang tampil secara reguler di cafe atau hotel berbintang adalah salah satu yang cukup menyenangkan. dan bisa dibilang salah satu model penghasilan "tertua" sebagai musisi. Model penghasilan ini karena tertua artinya sudah terbukti karena berjalan ratusan tahun.

Model penghasilan ini tentunya juga tidak selalu mudah. Sebagai gitaris juga harus menentukan akan menampilkan repertoar seperti apa sehingga harus disesuaikan dengan cafe atau hotelnya. Bisa memilih memainkan lagu-lagu top forty, band-band legend, instrumental, jazz, atau jenis-jenis yang lain. Otomatis butuh wawasan musik yang cukup luas. 

Bermain di cafe umumnya dilakukan sore hingga malam hari dengan rata-rata jam kerja 2 jam. Karena jam perform yang tidak terlalu lama bisa jadi seorang gitaris bermain di dua tempat dalam satu malam, dimana dia bisa memilih bermain dalam 7 hari full dalam seminggu atau hana beberapa hari dalam seminggu.

4. Perform Live Streaming

Perform secara streaming, ini salah satu pemasukan untuk musisi yang baru, ini dikarenakan efek dari pandemi yang kebanyakan orang-orang stay di rumah aja, jadi sarana hiburan tidak lagi harus ke tempat tertentu. Hingga saat ini saya masih menemui artis-artis yang cukup besar masih melakukan perform streaming, salah satunya adalah fingerstylist asal Australia. Joe Robinson.

Penghasilan di dapat dari banyaknya tips yang dihasilkan oleh viewer. Perform live streaming bisa dilakukan di media social seperti Instagram, youtube atau session, atau mungkin dimasa depan akan banyak platform lain yang bermunculan.

5. Musisi Wedding 

Menjadi pengisi musik (gitaris) dalam sebuah acara pernikahan atau kawinan. Ini juga salah satu penghasilan yang cukup lumayan. hanya saja biasanya bekerjanya pada weekend, jadi buat kamu yang gak pengen kerja di weekend mungkin saja kurang cocok dengan pekerjaan ini.

Sedangkan untuk lagu-lagunya bisa disesuaikan dengan permintaan, yang pastinya bertema cinta dimana lagu tema cinta bertebaran dalam berbagai genre. Karena acara pernikahan merupakan adalah sebuah event artinya tidak reguler berarti yang didapat pasti lebih besar dibanding bermain reguler di cafe atau hotel tadi.

6. Jasa di Fiverr

Internet sungguh luar biasa, dengan internet kita musisi bisa berkolaborasi dengan musisi lain di penjuru dunia. Banyak di luar sana (luar negeri) membutuhkan tenaga musisi lain. contoh, ketika satu musisi (seorang vokalis), dia memiliki karya sebuah lagu, namun dia tidak bisa bermain instrumen lain, jadi dia akan mencari jasa freelance musisi untuk mengisi beberapa track lagu yang sudah dia cipatakan. 

Jadi dia akan mencari jasa di fiverr untuk mengisi part-part yang dia butuhkan sesuai dengan taste atau style yang dia butuhkan. Bisa jadi butuh beberapa track untuk gitar, misal gitar rhytm (iringan) atau arpeggio (petikan) yang hanya diisi di beberapa bagian saja (hitungan detik), bisa juga yang dibutuhkan adalah satu track utuh.

Disini para freelance musisi tadi bisa men-charge biaya bervariasi sesuai kebutuhan dengan paket-paket seperti di atas. Semakin banyak track otomatis bisa men-charge dengan biaya yang lebih mahal. 

Karena ini adalah sarana freelance musisi lingkup global maka umunya pembayarannya dengan dollar. Namun dari fiverr ini kita sebagai gitaris juga bisa menduplikat model ini untuk pasar Indonesia. Kamu bisa mempromosikan jasa kamu ini di media social seperti facebook, instagram atau whatsapp.

Catatan untuk pekerjaan pastinya membutuhkan alat recording, pc/laptop, dimana ini mencakup, soundcard, dan mic. Sedangkan untuk pembayaran di fiverr kalian membutuhkan akun paypal.

7. Arranger dan Komposer

Jika kamu mempunyai keahlian mengaransemen sebuah lagu atau menciptakan lagu ini bisa jadi sebuah tambahan penghasilan yang sangat lumayan. Kamu bisa membuka jasa untuk menciptakan lagu untuk artis lain dengan biaya yang sudah kamu sepakati.

Hal lainnya adalah kamu bisa membuat aransemen untuk lagu-lagu karya orang lain dimana copyright dari lagu tersebut akan tetap menjadi milik musisi aslinya. Dengan membayar share royalti ke musisi aslinya, kamu tetap bisa membuat aransemen yang berbeda dari aslinya. Misal membuat aransemen khusus permainan gitar solo. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi guitar pro, semua aransemen ditulis dalam notasi balok dan bisa juga kamu tambahkan tabulasi untuk orang-orang yang punya kendala dalan membaca notasi balok. Aransemen kamu tadi bisa kamu jual ke market luar negeri sehingga pembayaran akan dalam dollar.

8. Menjadi Sales di Toko Musik

Berkerjalah di toko musik. Terdengar kurang bergengsi? Jika kamu tidak melihat pekerjaan dari gengsinya, sebenarnya pekerjan ini cukup menarik. Salah satunya kamu bisa mencoba berbagai gitar yang dijual atau bahkan ampli gitar atau menambah pengetahuan tentang equipment recording dengan lebih baik.

Pengetahuan adalah mahal, dengan info sebanyak itu akan memudahkan kamu untuk menambah pemasukan di pekerjaan lain sebagai gitaris yang sudah saya jabarkan. Hal yang lebih menguntungkan adalah kamu bisa bertemu musisi lain.

Dengan mengenal banyak musisi diluar lingkar lingkunganmu saja akan membuka peluang untuk pekerjaan freelance lainnya. Ditambah pekerjaan ini yang memungkinkan memiliki pemasukan yang stabil, jadi kamu lebih tenang karena tiap bulan akan akan tetap ada pemasukan.

9. Manajemen Musik

Apa itu pekerjaan musik manajemen? Jika sebelumnya tiadi kita tahu ada pekerjaan bermain dalam reguler di cafe, hotel atau acara-acara kawinan, musik manajemen adalah yang mengatur itu semua. 

Sebagai musik manajemen, kamu membawahi beberapa musisi lepas (freelance) dengan berbagai macam genre tentunya dengan variasi musisi (berbagai instrumen). Tugas kamu adalah mencari event-event baik reguler di cafe atau acara-acara nikahan dimana kamu akan mengatur konsep dan player yang akan bermain di event-event tersebut. 

Kamu bisa membuat berbagai macam komposisi player yang kamu sesuaikan dengan event. Jadi dalam band tersebut personelnya bisa berganti-ganti. Kamu akan mengatur waktu latihan, membiayainya dan membayar musisi lepas yang didalam manajemenmu. Keuntungan bisa diambil dalam bentuk persenan dari tiap event.

10. Mengajar


Pekerjaan mengajar sudah tentu pekerjaan yang tidak ada habisnya, termasuk mengajar musik atau mengajar gitar. Pekerjaan ini juga yang saya pilih yang saya tekuni sejak 2007 dan berubah haluan dari seorang lulusan sarjana teknik ke full time musisi.

Mengajar gitar sedikit berbeda dari semua jenis pekerjaan tadi karena banyak melibatkan orang lain dan ada moral dan tanggung jawab terhadap client (baca: murid). Mengajar musik (gitar) bisa kamu memilih untuk bekerja sendiri atau ikut sebuah lembaga. Dari pengalaman saya ada baiknya kedua-keduanya. 

Pekerjaan mengajar gitaris lebih difokuskan akan pengembangan permainan gitar dari murid. Dimana tiap murd memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga guru harus pintar mencari solusi atas setiap kendala yang dihadapi siswa.

Pekerjaan mengajar tentu saja tidak terikat mengajar di kursusan, kamu bisa juga "mengajar" di gereja dalam bentuk pelayanan, sekolah-sekolah, kampus hingga ke komunitas yang sifat mengajar dalam bentuk grup.

Umumnya mengajar tidak harus terikat oleh satu lembaga, hal ini juga memungkinkan sumur-sumur pendapatan yang tidak hanya dari satu tempat. 

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan pekerjaan sebagai gitaris diatas kamu bisa sesuaikan mana yang cocok denagn kamu. Pastinya cobalah untuk bisa melakukan 2 atau lebih dari pekerjaan diatas dimana bisa saling berhubungan dengan lainnya.

Dari semua hal ini sumur-sumur pendapat ini memungkin seorang musisi, atau gitaris khususnya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan baik setara UMR atau bahkan 2, 3 atau 4 kali lebih UMR.

Saya menemui banyak teman-teman saya yang berhasil berpenghasilan fulltime di musik adalah yang benar-benar mencintai pekerjaannya sebagai musisi dan selalu mempertahankan sikap profesional. Dan mereka selalu membuka peluang apa saja sehingga sumur-sumur pendapatan tadi bisa cukup banyak dan saling menutupi jika ada satu sumur pendapatan lain yang kering.

Gitaris seperti Joe Robinson (Juara Australian Got Talent) saja memiliki sumur pendapatan yang tidak hanya satu, Dia sebagai recording artis juga melakukan live perform secara independen di kanal youtube miliknya (otomatis sebagai konten kreator juga), dari live streamingnya ini dia juga mendapatkan banyak tips ditambah juga dia mengajar gitar.

Jadi, apakah kamu siap menjadikan pekerjaan musisi ini sebagai jalan hidupmu?

Semoga bermanfaat


Harwindho, S

Pengajar Gitar Klasik (ABRSM), Akustik, Elektrik, Melodi Improvisasi

Kursus Gitar Online yang gak pake ribet, murah terstruktur dan full bimbingan. klik disini

Kursus Musik di Jogja yang saya dirikan. Klik disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lick, Riff, Pattern?

Belajar musik sebenarnya mirip dengan bahasa Indonesia. Prinsip tentang pengenalan lick, riff dan pattern . Jika dalam bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa apapun kita mengenal adanya huruf, begitu juga dengan musik, kita mengenal nada. Dari nada-nada yang tersusun ini bisa membentuk sesuatu yang dinamakan lick , riff dan pattern . Namun ketiganya berbeda. Dari identifikasi ketiganya dapat berfungsi dalam pengembangan permainan solo, melody, hingga pencipataan lagu. Pattern disebut juga dengan motif, jika didalam bahasa Indonesia/Inggris sebuah huruf yang terangkai bisa menjadi sebuah kata. Contoh kata "aku", sedangkan di musik, 2 atau 3 nada saja bisa menjadi sebuah motif atau pattern , semisal, do - mi - sol,  re - mi - do, atau mi - fa - sol - do. Ibarat kalimat pada bahasa Indonesia/Inggris, riff adalah kalimat di lagu, penggabungan dari 2 motif ( pattern ) atau lebih, biasanya riff terbentuk dari 1 hingga dua bar. Penciptaan riff ini sendiri biasanya penge

Membedakan Teknik Apoyando dan Tirando

2 teknik dasar pada permainan gitar klasik adalah apoyando dan tirando. Dua teknik ini menjadi acuan yang biasanya di latih pada berbagai scale. Namun ada beberapa hal yang saya cermati dari dua teknik ini. Pada sebuah piece kebanyakan para gitaris lebih banyak menggunakan teknik tirando dikarenakan notes yang di mainkan dalam satu ketukan lebih dari dua nada. Tapi sebelum lebih jauh, saya akan menggambarkan secara sederhana yang membedakan dua teknik ini. Apoyando disebut juga rest stroke . Artinya ketika jari tangan kanan memetik senar, misal dengan jari i (telunjuk) maka jari setelah memetik senar akan menempel pada senar di atasnya (beristirahat/ rest ). Contoh, ketika jari memetik senar 1, setelah memetik jari akan beristirahat di senar 2. Jika senar 2 dipetik maka setelah memetik, jari akan beristirahat di senar 3, begitu seterusnya. Teknik ini banyak di gunakan pada single note , atau berfungsi memberikan accent atau tekanan untuk melodi tertentu. Lain hal dengan tekni

Teori Penting Yang Harus Dikuasai Gitaris

Sebelumnya harus dibedakan antara teori dan teknik. Dari pengalaman saya, teori berjalan beriringan dengan prakteknya. Dimana teknik dan lagu adalah bagian dari praktek. Walaupun banyak gitaris yang tidak menguasai teori, tapi penguasaan teori ini penting untuk mengembangkan teknik. Banyak siswa-siswa saya yang belajar gitar dengan saya bisa dibilang sudah bisa bermain gitar, tidak hanya iringan bahkan juga bermain melodi. Tapi pada akhirnya mereka juga ingin tahu tentang teori. Ini di karenakan dengan teori musik, seorang musisi atau gitaris pada khususnya bisa membuka wawasan baru yang lebih luas. Untuk itu ada banyak teori yang bisa digunakan untuk mengembangkan permainan gitar, tapi saya akan jelaskan yang dasar saja. Yang pertama tentu adalah jarak nada (interval), contoh yang membedakan nada C dan D adalah jarak nada, hal ini juga berkenaan juga dengan kres/Sharp dan mol/flat. Selanjutnya adalah konstruksi tangga nada. Karena tangga nada itu banyak, biasanya dimulai d